Rabu, 20 April 2011

BEBRAPA JUDUL SKRIPSI


 
<a href="
">MODIFIKASI PENGGUNAAN METODE TANYA JAWAB DALAM MENINGKATKAN EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MAN JUNGCANGCANG PAMEKASAN</a>

 
">Analisis Nilai Edukatif dalam Novel Love in Pesantren Karya Shachree M. Daroini Sebagai Reformulasi Pola Interaksi Guru dan Murid di Pesantren</a>


<a href="http://cairudin.blogspot.com/2011/03/modifikasi-penggunaan-metode-tanya.html">MODIFIKASI PENGGUNAAN METODE TANYA JAWAB DALAM MENINGKATKAN EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MAN JUNGCANGCANG PAMEKASAN</a>

 
<a href="http://cairudin.blogspot.com/2011/03/model-pembelajaran-sorogan-dalam.html">MODEL PEMBELAJARAN SOROGAN DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SANTRI DI PONDOK PESANTREN DARUSSALAM SUMBERSARI PARE KEDIRI</a>


<a href="http://cairudin.blogspot.com/2011/03/implementasi-program-akselerasi-dalam.html">Implementasi Program Akselerasi Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 3 Malang</a>

 
<a href="http://cairudin.blogspot.com/2011/03/model-pengembangan-kurikulum-pai-man.html">MODEL PENGEMBANGAN KURIKULUM PAI MAN Malang 1</a>


<a href="http://cairudin.blogspot.com/2011/03/model-pembelajaran-sorogan-dalam.html">MODEL PEMBELAJARAN SOROGAN DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SANTRI DI PONDOK PESANTREN DARUSSALAM SUMBERSARI PARE KEDIRI</a>


 
<a href="http://cairudin.blogspot.com/2011/03/implementasi-program-akselerasi-dalam.html">Implementasi Program Akselerasi Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 3 Malang</a>


">MANAJEMEN PERSONALIA (Studi Kasus Peningkatan Kualitas Personalia di MAN Tlogo Blitar)</a>

 
<a href="http://cairudin.blogspot.com/2011/03/manajemen-kelas-dalam-meningkatkan.html">MANAJEMEN KELAS DALAM MENINGKATKAN EFEKTIVITAS PROSES BELAJAR MENGAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI I SRENGAT-BLITAR</a>

 
<a href="http://cairudin.blogspot.com/2011/03/pengaruh-penggunaaan-media-pembelajaran.html">PENGARUH PENGGUNAAAN MEDIA PEMBELAJARAN DALAM PROSES PENYAMPAIAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SMP KARTIKA V-9 MALANG</a>


<a href="http://cairudin.blogspot.com/2011/03/aplikasi-teknologi-pendidikan-dalam.html">APLIKASI TEKNOLOGI PENDIDIKAN DALAM PEMERATAAN PENDIDIKAN</a>


<a href="http://cairudin.blogspot.com/2011/02/urgensi-kemampuan-siswa-membaca-al.html">URGENSI KEMAMPUAN SISWA MEMBACA AL-QUR'AN DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI</a>


<a href="http://cairudin.blogspot.com/2011/02/peran-keluarga-dalam-usaha-pembinaan.html">PERAN KELUARGA DALAM USAHA PEMBINAAN KEPRIBADIAN MUSLIM PADA ANAK DI DESA JIWUT KEC NGLEGOK KAB BLITAR</a>


<a href="http://cairudin.blogspot.com/2011/02/karakteristik-kepribadian-guru.html">KARAKTERISTIK KEPRIBADIAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN PROSES BELAJAR MENGAJAR DI SMP ISLAM MA'ARIF 02 DESA JANTI KEC. SUKUN</a>


 
<a href="http://cairudin.blogspot.com/2011/02/pengaruh-kedisiplinan-terhadap-tingkat.html">Pengaruh Kedisiplinan Terhadap Tingkat Prestasi Belajar Siswa Di SMK Muhammadiyah III Singosari Malang</a>

 
<a href="http://cairudin.blogspot.com/2011/02/kepedulian-pekerja-terminal-arjosari.html">KEPEDULIAN PEKERJA TERMINAL ARJOSARI TERHADAP PENDIDIKAN AGAMA BAGI ANAK</a>

 
<a href="http://cairudin.blogspot.com/2011/02/implementasi-manajemen-berbasis-sekolah.html">IMPLEMENTASI MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH (MBS) DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI SMP NEGERI 13 MALANG</a>



<a href="http://cairudin.blogspot.com/2011/02/implementasi-metode-kontemporer-dalam.html">IMPLEMENTASI METODE KONTEMPORER DALAM PEMBELAJARAN AL QUR'AN (Studi Komparatif Metode Iqra' dengan Metode Tilawati)</a>

<a href="http://cairudin.blogspot.com/2011/04/implementasi-program-akselerasi-dalam_17.html">IMPLEMENTASI PROGRAM AKSELERASI DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM 
DI SMA NEGERI 3 MALANG</a>


<a href="http://cairudin.blogspot.com/2011/04/manajemen-kelas-dalam-meningkatkan.html">MANAJEMEN KELAS DALAM MENINGKATKAN EFEKTIVITAS PROSES BELAJAR MENGAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
 DI SMP NEGERI I SRENGAT-BLITAR</a>


<a href="http://cairudin.blogspot.com/2011/04/modifikasi-penggunaan-metode-tanya.html">MODIFIKASI PENGGUNAAN METODE TANYA JAWAB DALAM MENINGKATKAN EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MAN JUNGCANGCANG PAMEKASAN</a>

 DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA
DI MAN 3 MALANG</a>

<a href="http://cairudin.blogspot.com/2011/04/analisis-nilai-edukatif-dalam-novel_18.html">ANALISIS NILAI EDUKATIF DALAM NOVEL "LOVE IN PESANTREN" KARYA SHACHREE M. DAROINI SEBAGAI REFORMULASI POLA INTERAKSI GURU DAN MURID DI PESANTREN</a>

<a href="http://cairudin.blogspot.com/2011/04/abstrak-muhamad-nana-2006.html">Kontribusi Pendidikan Agama Islam Dalam Pembentukan Kepribadian Siswa Seutuhnya Di SMA Negeri 1 Lawang PAI UIN Malang</a>


--
www.cairudin.blogspot.com
www.cairudin2blogspot.com
www.rudien87.wordpres.com


BEBERAPA JUDUL SKRIPSI

<div>
<a href="
">MODIFIKASI PENGGUNAAN METODE TANYA JAWAB DALAM MENINGKATKAN EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MAN JUNGCANGCANG PAMEKASAN</a>
<div>
">Analisis Nilai Edukatif dalam Novel Love in Pesantren Karya Shachree M. Daroini Sebagai Reformulasi Pola Interaksi Guru dan Murid di Pesantren</a>

<div>
<a href="http://cairudin.blogspot.com/2011/03/modifikasi-penggunaan-metode-tanya.html">MODIFIKASI PENGGUNAAN METODE TANYA JAWAB DALAM MENINGKATKAN EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MAN JUNGCANGCANG PAMEKASAN</a>
<div>
<a href="http://cairudin.blogspot.com/2011/03/model-pembelajaran-sorogan-dalam.html">MODEL PEMBELAJARAN SOROGAN DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SANTRI DI PONDOK PESANTREN DARUSSALAM SUMBERSARI PARE KEDIRI</a>
<div>

<a href="http://cairudin.blogspot.com/2011/03/implementasi-program-akselerasi-dalam.html">Implementasi Program Akselerasi Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 3 Malang</a>
<div>
<a href="http://cairudin.blogspot.com/2011/03/model-pengembangan-kurikulum-pai-man.html">MODEL PENGEMBANGAN KURIKULUM PAI MAN Malang 1</a>
<div>

<a href="http://cairudin.blogspot.com/2011/03/model-pembelajaran-sorogan-dalam.html">MODEL PEMBELAJARAN SOROGAN DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SANTRI DI PONDOK PESANTREN DARUSSALAM SUMBERSARI PARE KEDIRI</a>

<div>
<a href="http://cairudin.blogspot.com/2011/03/implementasi-program-akselerasi-dalam.html">Implementasi Program Akselerasi Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 3 Malang</a>
<div>
">MANAJEMEN PERSONALIA (Studi Kasus Peningkatan Kualitas Personalia di MAN Tlogo Blitar)</a>
<div>
<a href="http://cairudin.blogspot.com/2011/03/manajemen-kelas-dalam-meningkatkan.html">MANAJEMEN KELAS DALAM MENINGKATKAN EFEKTIVITAS PROSES BELAJAR MENGAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI I SRENGAT-BLITAR</a>
<div>
<a href="http://cairudin.blogspot.com/2011/03/pengaruh-penggunaaan-media-pembelajaran.html">PENGARUH PENGGUNAAAN MEDIA PEMBELAJARAN DALAM PROSES PENYAMPAIAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SMP KARTIKA V-9 MALANG</a>
<div>

<a href="http://cairudin.blogspot.com/2011/03/aplikasi-teknologi-pendidikan-dalam.html">APLIKASI TEKNOLOGI PENDIDIKAN DALAM PEMERATAAN PENDIDIKAN</a>
<div>

<a href="http://cairudin.blogspot.com/2011/02/urgensi-kemampuan-siswa-membaca-al.html">URGENSI KEMAMPUAN SISWA MEMBACA AL-QUR'AN DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI</a>
<div>
<a href="http://cairudin.blogspot.com/2011/02/peran-keluarga-dalam-usaha-pembinaan.html">PERAN KELUARGA DALAM USAHA PEMBINAAN KEPRIBADIAN MUSLIM PADA ANAK DI DESA JIWUT KEC NGLEGOK KAB BLITAR</a>
<div>
<a href="http://cairudin.blogspot.com/2011/02/karakteristik-kepribadian-guru.html">KARAKTERISTIK KEPRIBADIAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN PROSES BELAJAR MENGAJAR DI SMP ISLAM MA'ARIF 02 DESA JANTI KEC. SUKUN</a>

<div>
<a href="http://cairudin.blogspot.com/2011/02/pengaruh-kedisiplinan-terhadap-tingkat.html">Pengaruh Kedisiplinan Terhadap Tingkat Prestasi Belajar Siswa Di SMK Muhammadiyah III Singosari Malang</a>
<div>
<a href="http://cairudin.blogspot.com/2011/02/kepedulian-pekerja-terminal-arjosari.html">KEPEDULIAN PEKERJA TERMINAL ARJOSARI TERHADAP PENDIDIKAN AGAMA BAGI ANAK</a>
<div>
<a href="http://cairudin.blogspot.com/2011/02/implementasi-manajemen-berbasis-sekolah.html">IMPLEMENTASI MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH (MBS) DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI SMP NEGERI 13 MALANG</a>
<div>


<a href="http://cairudin.blogspot.com/2011/02/implementasi-metode-kontemporer-dalam.html">IMPLEMENTASI METODE KONTEMPORER DALAM PEMBELAJARAN AL QUR'AN (Studi Komparatif Metode Iqra' dengan Metode Tilawati)</a>

<div>
<a href="http://cairudin.blogspot.com/2011/04/implementasi-program-akselerasi-dalam_17.html">IMPLEMENTASI PROGRAM AKSELERASI DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM 
DI SMA NEGERI 3 MALANG</a>
<div>

<a href="http://cairudin.blogspot.com/2011/04/manajemen-kelas-dalam-meningkatkan.html">MANAJEMEN KELAS DALAM MENINGKATKAN EFEKTIVITAS PROSES BELAJAR MENGAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
 DI SMP NEGERI I SRENGAT-BLITAR</a>
<div>
<a href="http://cairudin.blogspot.com/2011/04/modifikasi-penggunaan-metode-tanya.html">MODIFIKASI PENGGUNAAN METODE TANYA JAWAB DALAM MENINGKATKAN EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MAN JUNGCANGCANG PAMEKASAN</a>
<div>
 DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA
DI MAN 3 MALANG</a>
<div>
<a href="http://cairudin.blogspot.com/2011/04/analisis-nilai-edukatif-dalam-novel_18.html">ANALISIS NILAI EDUKATIF DALAM NOVEL "LOVE IN PESANTREN" KARYA SHACHREE M. DAROINI SEBAGAI REFORMULASI POLA INTERAKSI GURU DAN MURID DI PESANTREN</a>
<div>
<a href="http://cairudin.blogspot.com/2011/04/abstrak-muhamad-nana-2006.html">Kontribusi Pendidikan Agama Islam Dalam Pembentukan Kepribadian Siswa Seutuhnya Di SMA Negeri 1 Lawang PAI UIN Malang</a>
<div>


--
www.cairudin.blogspot.com
www.cairudin2blogspot.com
www.rudien87.wordpres.com


Minggu, 17 April 2011

IMPLEMENTASI PROGRAM AKSELERASI DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA NEGERI MALANG

ABSTRAK

A'yun, Qurroti. Implementasi Program Akselerasi Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMA Negeri 3 Malang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah, Universitas Islam Negeri (UIN) Malang. Pembimbing Drs. H. Asmaun Sahlan, M.Ag.

 

Kata Kunci: Program, Akselerasi, Percepatan Belajar, Pembelajaran, dan Pendidikan Agama Islam.

 

Anak berbakat memiliki kepribadian yang unik Umumnya mereka memiliki minat yang kuat terhadap berbagai bidang yang menjadi interestnya, sangat tertarik terhadap berbagai persoalan moral dan etika, sangat otonom dalam membuat keputusan dan menentukan tindakan, dipadu dengan task commitment yang tinggi. Mereka membutuhkan layanan pendidikan spesifik agar potensi keberbakatannya dapat berkembang sehingga mencapai aktualisasi diri yang optimal. Mendorong aktualisasi potensi keberbakatan anak, pada perkembangannya akan menjadi salah satu pilar kekuatan bangsa dalam pertarungan dan persaingan antar bangsa-bangsa di era global. Tanpa pelayanan  pendidikan yang relevan, anak berbakat akan menjadi kelompok marjinal yang gagal memberikan sumbangan signifikan bagi kemajuan bangsa ini. Jika hal itu dibiarkan terus berlangsung maka sesungguhnya kita telah melakukan "penganiayaan" dan menyia-nyiakan anugerah Ilahi yang amat besar.

Salah satu bentuk pelayanan pendidikan bagi peserta didik yang memiliki kemampuan dan kecerdasan luar biasa adalah melalui program akselerasi (percepatan belajar). Dengan kata lain program untuk mempercepat masa studi bagi peserta didik yang memiliki tingkat kecerdasan tinggi. Yang berhak untuk mendapat perhatian khusus agar dipacu perkembangan prestasi dan bakatnya. Misalnya SD diselesaikan dalam 4 tahun, SMP dalam 2 tahun begitu juga dengan tingkat SMA.

Pendidikan agama adalah salah satu pendidikan yang mempunyai fokus untuk lebih memberikan nilai-nilai dan norma-norma yang memberi arah, arti dan tujuan hidup manusia. Dicantumkannya pendidikan Agama dalam Undang-undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, dalam Bab VI pasal 15 yang berbunyi: "jenis pendidikan mencakup pendidikan umum, kejuruan, akademik, profesi, vokasi, keagamaa, dan khusus". Hal ini merupakan suatu kebijakan politik pemerintah yang sekaligus memberikan rambu-rambu kepada pengelola dan pelaksana pendidikan Agama  yaitu untuk meningkatkan ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa yang memiliki implikasi moral dan etika yang tinggi.

Oleh karena itu, menjadi penting Pendidikan Agama Islam bagi anak yang memiliki kecerdasan dan bakat tinggi. Sebagai proses penanaman nilai-nilai Islam kepada siswa. Sehingga tidak hanya menjadi siswa yang pintar, tapi juga siswa yang bermartabat dan bermoral. Yaitu memiliki keseimbangan antara kecerdasan intelektual, emosi, sosial dan spiritual. Berangkat dari latar belakang inilah, kemudian dalam penelitian ini diambil rumusan masalah: (1) Bagaimana Implementasi Program Akselerasi Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMA Negeri 3 Malang; dan (2) Apa Saja Faktor Pendukung Dan Penghambat Implementasi Program Akselerasi Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMA Negeri 3 Malang.

Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk Mengetahui Implementasi Program Akselerasi Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMA Negeri 3 Malang; dan (2) Untuk Mengetahui Apa Saja Faktor Pendukung Dan Penghambat Implementasi Program Akselerasi Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMA Negeri 3 Malang.

Penelitian ini menggunakan pendekatan berparadigma Deskriptif-Kualitatif. Yaitu berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang dapat diamati. Dan jenis penelitiannya adalah menggunakan teknik analisis Deskriptif (non statistik), yang dilakukan dengan menggambarkan data yang diperoleh dengan kata-kata atau kalimat yang dipisahkan untuk kategori untuk memperoleh kesimpulan.

Hasil dari penelitian ini adalah bahwa pada dasarnya, secara umum pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di kelas akselerasi SMA negeri 3 Malang adalah tidak jauh berbeda dengan pelaksanan pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di kelas reguler. Meliputi: sistem  pembelajaran, dan sistem evaluasinya. Demikian pula halnya dengan kegiatan-kegiatan di luar kelas, seperti kegiatan ekstrakurikuler. Hanya saja yang membedakannya dengan kelas reguler bahwa kelas  akselerasi diperuntukkan bagi anak-anak yang luar biasa cerdas dan memiliki keunggulan dalam kecepatan berfikir. Dengan kurikulum yang dikembangkan (secara berdiferensiasi) disesuaikan dengan karakteristik dan kebutuhan siswa berbakat. Yaitu waktu yang diperlukan dalam menyelesaikan pendidikan program akselerasi lebih cepat dari pada program reguler pada umumnya.

Untuk mencapai hasil yang maksimal dalam pelaksanaan proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas akselerasi, ada Beberapa faktor yang mempengaruhi. Baik faktor pendukung maupun faktor penghambat. Salah satu faktor pendukung tersebut -disamping pihak sekolah- yang diharapkan mampu menyelenggarakan program akselerasi khususnya dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) ini secara efektif dan efisien, dukungan positif dan partisipasi aktif pihak orang tua dan masyarakat serta pemerintah juga diperlukan. Sedangkan beberapa faktor yang menjadi penghambat dalam pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas akselerasi, diantaranya seperti: minimnya standar kompetensi guru, metode pembelajaran yang kurang variatif, dan alokasi waktu yang sedikit untuk mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Pada kenyataannya, yang demikian itu memang sudah menjadi polemik nasional yang menjadi kendala dalam pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam di tanah air. Terlepas dari itu semua, permasalahan yang berhubungan dengan siswa akselerasi dalam pelaksanaannya di SMA Negeri 3 Malang tidak menjadi suatu problem yang berarti.


BAB I

PENDAHULUAN 

A.    LATAR BELAKANG

Anak berbakat memiliki kepribadian yang unik. Umumnya mereka memiliki minat yang kuat terhadap berbagai bidang yang menjadi interestnya, sangat tertarik terhadap berbagai persoalan moral dan etika, sangat otonom dalam membuat keputusan dan menentukan tindakan. Sejumlah karakteristik yang unik ini jika tidak dipahami dengan benar oleh para pendidik dan orang tua, maka akan menimbulkan persepsi seolah-olah anak berbakat adalah individu yang keras kepala, tidak mau kompromi bahkan ada yang secara ekstrim menilai anak berbakat rendah sikap.

Mempertimbangkan keunikan karakteristik kepribadian anak berbakat seperti tersebut di atas maka diperlukan cara-cara khusus dalam mengelola atau memfasilitasi kegiatan belajar anak berbakat. Sikapnya yang otonom dipadu dengan task commitment yang tinggi dan minatnya terhadap banyak aspek kehidupan serta nilai-nilai moral maka wajar jika anak berbakat memiliki perilaku belajar yang berbeda dengan anak umum.

Mereka membutuhkan layanan pendidikan spesifik agar potensi keberbakatannya dapat berkembang sehingga mencapai aktualisasi diri yang optimal. Mendorong aktualisasi potensi keberbakatan anak, pada perkembangannya akan menjadi salah satu pilar kekuatan bangsa dalam pertarungan dan persaingan antar bangsa-bangsa di era global. Tanpa pelayanan  pendidikan yang relevan, anak berbakat akan menjadi kelompok marjinal yang gagal memberikan sumbangan signifikan bagi kemajuan bangsa ini. Jika hal itu dibiarkan terus berlangsung maka sesungguhnya kita telah melakukan "penganiayaan" dan menyia-nyiakan anugerah Ilahi yang amat besar.

Salah satu koridor  pelayanan pendidikan bagi peserta didik yang memiliki kemampuan dan kecerdasan luar biasa adalah melalui program akselerasi (percepatan belajar). Sebagaimana dikatakan E. Mulayasa Menyediakan program-program khusus sebagai usaha untuk penanganan anak berbakat diantaranya adalah dengan diselenggarakannya program akselerasi sebagai layanan terhadap perbedan perorangan dalam diri siswa.[1]

Melihat kecepatan perkembangan teknologi yang menuntut adanya SDM berkualitas, dunia pendidikan perlu segera melangkah menyelenggarakan program akselerasi (percepatan belajar). Ini perlu dilakukan sebagai pemikiran dan alternatif yang berwawasan masa depan untuk menyiapkan anak bangsa sedini mungkin sebagai calon pemimpin berkualitas namun tetap bermoral dengan menjunjung budaya dan adat ketimuran dalam menghadapi globalisasi teknologi yang penuh kompetisi. Untuk itu, siswa pemilik bakat dan kecerdasan luar biasa jauh di atas normal (yang memiliki skor IQ 125 ke atas) harus mendapat perhatian khusus. Mereka cenderung lebih cepat menguasai materi pelajaran. Keadaan ini memungkinkan, kemunculan perilaku baru, mereka akan membuat kelas kurang tertib. Disamping itu, lambat laun akan menjadikan bersangkutan melakukan perbuatan di luar kontrol. Melihat hal tersebut, siswa berkemampuan luar biasa perlu ditangani secara khusus agar dapat berkembang secara alamiah dan optimal. Yaitu lewat proses akselerasi (percepatan) belajar.

Program akselerasi atau program percepatan merupakan suatu program untuk peserta didik yang memiliki tingkat kecerdasan luar biasa atau dengan kata lain program untuk mempercepat mas studi bagi peserta didik yang memiliki tingkat kecerdasan tinggi yang berhak untuk mendapat perhatian khusus agar dipacu perkembangan prestasi dan bakatnya. Misalnya SD diselesaikan dalam 4 tahun, SMP dalam 2 tahun begitu juga dengan SMA. Dengan kata yang lebih klise, menyiapkan  "pendekar" calon pemimpin masa depan.[2]



[1]      E. Mulyasa, Kurikulum Berbasis Kompetensi, (Bandung: PT Rosdakarya, 2004), hlm. 128

[2]      Ria Kartika, Program Akselerasi; Antara Percepatan, Diskriminan, dan Pemaksaan .Kompas, sabtu, 17 September 2005. (http://www.google.com online )

BAGI YANG MAU SKRIPSI INI SECARA LENGKAP SEBAGAI REFRENSI SILAKAN HUB 085646047087
KODE: M0-01

DAFTAR PUSTAKA

 

Al-Qur'an dan terjemahannya. 1990. Semarang: Menara Kudus.

 

Amin, Moh. 1992. Pengantar Ilmu Pendidikan Islam. Pasuruan: PT Garoeda Buana  Indah.

 

Arikunto, Suharsimi. 1989. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis. Jakarta: PT. Bima Karya.

 

_________________, 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis. Jakarta: PT. Bima Karya.

 

 

Direktorat Pendidikan Dasar dan Menengah. 2003. Pedoman Penyelenggaraan Program Percepatan Belajar. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

 

 

Echols. M,  John dan Shadily, Hassan. Kamus Inggris Indonesia (Jakarta: PT Gramedia, 1996) hlm. 372

 

Garis-garis Besar Pengajaran PAI Kurikulum.1994. Jakarta: Deartemen Pendidikan dan Budaya.

 

Hamalik,Oemar. 2003. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara

 

Hawadi, R.A (Ed). 2004. Akselerasi: A-Z Inforamasi Program Percepatan Belajar. Jakarta:  Grasindo Widiasarana Indonesia.

 

_______ dkk. 2001. Kurikulum Berdiferensiasi. Jakarta: Grasindo Widiasarana Indonesia.

 

Kamdi, Kamdi. Kelas Akselerasi dan Diskriminasi Anak, Kompas, 24 dan 26 Juli 2004. (http: www. Google.com).

 

Kartika, Ria. Program Akselerasi; Antara Percepatan, Diskriminan, dan Pemaksaan. Kompas: sabtu, 17 September 2005. (http://www.google.com online)

 

Keputusan menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 061U/1993 Tentang Sekolah Menengah Umum. Jakarta: YTNI dan Dharmabhakti.

 

Koentjaraningrat. 1997. Metode-metode Penelitian Masyarakat. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

 

Kurikulum Berbasis Kompetensi Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. 2002. Jakarta: Departemen Pendidikan  Nasional

 

M.L. Oetomo (dkk). Hasil Penelitian. 2002. Peran Orang Tua dan Guru dalam Proses Mengidentifikasi dan Menangani Anak Berbakat.. http://www.gogle.com(online) 

 

Majid, Abdul dan Andayani, Dian. 2004. Pendidikan Agama Islam Berbasis Kompetensi (Konsep dan Implementasi Kurikulum 2004. Bandung: PT Rosda Karya

 

Mbulu, J. 2001. Pengajaran Individual: Pendekatan, Metode, dan Media, Pedoman Mengajar Bagi Guru dan Calon Guru. Malang: Yayasan Elang Mas.

 

Moeleong, Lexy J. 2000. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosyda Karya.

 

Muhaimin. 2001. Paradigma Pendidikan Islam: Upaya Mengefektifkan Pendidikan Agama Islam di Sekolah. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.

 

________, 2005. Pengembangan Kurikulum PAI: di Sekolah, Madrasah dan Perguruan Tinggi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

 

________, dkk. 1996. Strategi Belajar Mengajar: Penerapannya Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama. Surabaya. Citra Media.

 

Muhammad (Ed). 2003. Re-Formulasi Rancangan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Nur Insani.

 

Mulyasa, E. 2004. Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung: PT. Rosyda Karya.

 

Munandar, S.C.U. 1992. Mengembangkan Bakat dan Kreativitas anak Sekolah Penuntun bagi Guru dan Orang Tua. Jakarta: Gramedia.

 

Nazir, Mohammad. 1988. Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.

 

Nugroho. 2003. Model Pengembangan Self Regulated Learning pada Siswa. Sekolah Favorit Depok. Fakultas Pasca Sarjana Psiokologi (Disertasi). http://www.gogle.com(online)

 

Santoso, Gempur. 2005. Fundamental Metodologi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Jakarta: Prestasi Pustaka.

 

 Setyosari, P. 2001. Rancangan Pembelajaran  Teori dan Praktik. Malang: Elang Mas.

 

Semiawan, Conny. 1997. Perspektif Pendidikan Anak Berbakat. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana.

 

Semiawan, R. conny dan Alim, Djeniah. 2002. Petunjuk Layanan Dan Pembinaan Kecerdasan Anak. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

 

Siskandar. 2001. Kurikulum Program Percepatan Belajar. (http://www.google.com online).

 

Suharsongko, M. Edi. Jangan Paksakan Anak Masuk Kelas Akselerasi. Kompas: 27/05/2005. (http://www.google.com online)

 

Sudjana, Nana. 1989. Metode Statistik,, Bandung: Tarsito.

 

Suryabrata, Sumadi. 1998. Metodologi Penelitian. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

 

Tirtonegoro, Sutratinah. 2001. Anak Supernormal Dan Program Pendidikannya. Yogyakarta: Bumi Aksara.

 

UU. No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Bandung: Fokusmedia.

 

UU No. 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan An    

 

Zuhairini dan Ghofir,Abdul. 2004. Metodologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam.  Malang:  UM Press.


BAGI YANG MAU SKRIPSI INI SECARA LENGKAP SEBAGAI REFRENSI SILAKAN HUB 085646047087
KODE: M0-01

IMPLEMENTASI PROGRAM AKSELERASI DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA NEGERI MALANG